TENTANG TANAMAN POHON KARI, SALAM KOJA, TEMURU

By:
No Comments

Tanaman pohon kari biasanya tumbuh di pekarangan rumah untuk di tanam, pohon kari terutama daun kari banyak di manfaatkan buat bumbu masakan untuk campuran rempah-rempah. Manfaat daun kari atau Khasiat daun kari buat kesehatan tubuh dan cara menghitamkan rambut juga bisa dengan menggunakan daun kari ini.

TENTANG TANAMAN POHON KARI, SALAM KOJA, TEMURU

Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan tentang tanaman pohon kari, berikut ini :

  • Pohon Kari
  • Daun Kari
  • Manfaat Daun Kari
  • Khasiat Daun Kari
  • Kandungan Daun Kari
  • Masakan Terbuat Dari Daun Kari

Pohon Kari atau di sebut juga pohon salam koja atau pohon temuru adalah tumbuhan yang daunnya (dinamakan sama) dipakai sebagai penyedap masakan seperti masakan kari. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai curry leaves. Daun ini dipakai sebagai bumbu di Aceh. Bentuk daun kari sendiri agak sama dengan daun salam, cuma ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dari daun salam. Bunga dari tumbuhan ini berbau harum dengan buah berbentuk bulir berwarna ungu.

POHON KARI merupakan jenis pohon berukuran kecil dengan tinggi maksimal mencapai + 4-6 meter dan diameter batang maksimal +40 cm. Daunnya berbentuk menyirip seperti daun belimbing, hanya saja berukuran lebih kecil dan berwarna hijau tua mengkilap. Bunganya putih kecil, berkelompok dan memiliki aroma yang harum. Buahnya sendiri berbentuk bulat sebesar kacang tanah berwarna hijau kala muda dan berubah ungu tua ketika telah matang. Di Wikipedia disebutkan jika buahnya bisa dimakan sedangkan bijinya sendiri beracun.

Dari asal muasal tanaman pohon kari / salam koja ini, konon adalah dari daratan India dan Srilanka. Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tapi merupakan tumbuhan yang biasa terdapat pada kebun dibagian selatan India dan Malaysia.

 

Daun Kari merupakan salah satu jenis bumbu rempah yang seringkali dipergunakan dalam masakan India dan Srilangka, penggunaannya hampir mirip seperti daun salam. Daun ini terutama digunakan apalagi jika bukan untuk bumbu rempah masakan kari dan tentunya di masakan India lainnya. Daunnya beraroma aneh (kalau menurut saya), aromanya memang kuat tetapi jangan membayangkannya akan beraroma seperti bumbu rempah kari ya, bahkan cenderung agak langu. Daun ini mudah sekali layu dan kehilangan aromanya ketika kering, karena itu penggunaan terbaik adalah kala daun masih segar setelah dipetik. Berbeda dengan daunnya, bunganya yang kecil putih ini sangat harum dengan aroma yang mirip dengan bunga kemuning karena tanaman ini dengan kemuning (Murraya paniculata) memang masih satu genus yaitu Murraya dari keluarga tanaman jeruk-jerukan (Rutaceae).

MANFAAT DAN KHASIAT DAUN KARI

1. Daun Kari Bagus untuk menghitamkan rambut.
2. Perawatan untuk bengkak di tubuh badan.
3. Khasiat Daun Kari Baik untuk mencegah kencing manis.
4. Khasiat Daun Kari dapat Mengurangkan kolestrol dalam badan.
5. Mengatasi masalah bagi wanita mengandung.
6. Daun kari boleh digunakan untuk menjauhkan lalat.

KANDUNGAN DAUN KARI atau DAUN SALAM KOJA

Ekstrak daun koja dilaporkan memiliki kandungan sebagai berikut: air(66.3%), protein (1%), lemak (1%), karbohidrat (16%), serat (6.4%) dan mineral (4.2%). Kandungan mineral utama per 100 gram daun adalah kalsium (810 mg), fospor (600 mg) dan besi (2.1 mg). Kandungan vitaminnya adalah karoten (12,600 i.u.), asam nikotinat (2.3 mg) dan vitamin C (4 mg).

Di Indonesia, daun kari lebih dikenal dengan nama daun salam koja dan temuru serta acapkali dipergunakan pada masakan-masakan khas daerah Sumatera terutama Aceh. Masakan kari dari Aceh yang menggunakan daun ini sebagai salah satu rempahnya, konon kabarnya memiliki rasa yang lebih sedap dan unik. Selain untuk tambahan bumbu di masakan kari, laksa dan gulai, masakan ayam tangkap Aceh juga menggunakan daun kari sebagai salah satu rempah wajibnya. Ayam tangkap atau ayam sampah merupakan makanan berupa ayam goreng yang di taburi dengan aneka daun rempah yang digoreng kering, daun rempah yang digunakan salah satunya adalah salam koja. Daun-daun rempah yang digoreng garing ini bisa langsung dimakan beserta si ayam.

Selain berperan penting dikuliner India, daun kari juga memiliki manfaat di dunia pengobatan dan kosmetik India. Menurut tante Wikipedia, daunnya dikabarkan memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut dan memiliki efek anti-diabetic, antioxidant, antimicrobial, anti-inflammatory, dan manfaat lainnya. Selain itu daun ini juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Sayang literatur mengenai daun ini kurang begitu banyak dan kurang di-support dengan data-data hasil riset yang lengkap.

Your Thoughts

widget-foot