4 Hal Wajib Diketahui Sebelum Menyantap Makanan India

By:
No Comments

MAKANAN India terkenal dengan cita rasa makanan yang kuat akan bumbu sehingga membuat rasanya khas. Jika Anda ingin menyantap makanan India, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar tidak kaget apalagi kapok menyantapnya.

Dilansir dari Mashed, Jumat (14/10/2016), berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar makanan India baik dari keragaman kulinernya maupun cita rasa yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui ini, bisa jadi panduan sekaligus penuntun mana yang harus dicoba dan mana yang harus dihindari.

Sejarah kuliner India

Masakan India terbentuk dari berbagai pengaruh dari luar. Bahkan diketahui masakan India dari abad ke 16 berbeda dengan saat memasuki abad 17. Hal ini mendapat pengaruh besar dari kerajaan Islam Mughal yang memperkenalkan bahan makanan di Persia seperti susu, rempah-rempah, daging dan kacang yang dimasak bersama nasi. Sementara selanjutnya ada Portugis yang membawa bahan kuliner seperti cabai, tomat, kentang, keju, tepung dan cuka. Sementara masyarakat Arab yang singgah di India memperkenalkan kopi. Bangsa Inggris yang juga sempat singgah di India tidak membawa makanan yang memengaruhi cita rasa kulinernya tapi tradisi minum teh diperkenalkan Inggris, kabarnya juga ini yang memengaruhi munculnya chicken tikka masala.

Identik dengan Vegetarian

Diperkirakan 1/3 penduduk India adalah vegetarian dan makanannya mengikuti selera vegetarian. Masyarakat India yang menganut agama Buddha, Hindu dan Jain turut menjadi alasan jika makanan India banyak mengandung sayuran.

Nasi adalah makanan pokok masyarakat India

Di India ada 74 varietas padi yang dibudidayakan. Nasi merupakan bahan pokok dari segala makanan India, salah satunya yang paling terkenal adalah nasi biryani. Nasi olahan yang merupakan campuran dari daging-dagingan, kacang, buah kering dan sayuran ini cukup populer bahkan hingga seluruh dunia. Jenis nasi yang paling terkenal dari India adalah beras basmati namun ada berbagai jenis beras lain yang juga digunakan pada makanan India seperti beras jasmine, beras coklat, beras merah dan beras hitam.

Bumbu yang kuat adalah inti dari masakan India

Koki India mengolah bumbu khas yang disebut masala yang terdiri dari campuran bumbu dan rempah. Beberapa bumbu khas yang selalu dipakai adalah jahe, daun salam, asam, jintan, kapulaga, cengkeh dan beberapa rempah lainnya.

http://lifestyle.okezone.com/read/2016/10/14/298/1515092/4-hal-wajib-diketahui-sebelum-menyantap-makanan-india

 

Your Thoughts

widget-foot